Pengemis Berselancar Online


 Perubahan zaman 21 yang semakin luar biasa, yang semuanya semakin tergeluti dengan digital, hampir memasuki terobosan semua area dari desa sampai kota.Sudah terlihat jelas dari Profesi yang serba digital, dari muncul generasi alay, Diary Online bahkan Upacara Digital juga menggandrungi.Dan siapakah selanjutnya.....^_^ Yups, Betul sekali sesuai dengan judul "Pengemis Berselancar Online" yang membuat saya terhentak berbagi dengan sahabat kreatif blogger


Tuit..Tuit..Tuit..Sebuah SMS dari orang yang tak saya kenal masuk ke nomor ponsel saya.SMS diterima pagi hari.Terkesan pengirimnya tidak mengenal saya.Berbeda dengan para penipu yang biasa yang mengatasnamakan operator telepon atau nama pemilik merk yang mengabarkan Anda mendapat hadiah uang tunai.

SMS ini berisi permintaan sedekah.Isi pesan nya begini :

“Assalamu’alaikum, saya Sutini(nama lengkapnya panjang, hanya inisial saja.mohon maaf jika ada yang bernama sutini,peace)Usia 26 tahun, saya menderita cacat fisik, saya mengharapkan bantuan sekadarnya diri saudara.Bantulah saya jika saudara mampu, sedikit sangat berart  buat saya”

Membaca pesan seperti itu saya tentu bertanya-tanya , dari mana orang ini tahu nomor telepon saya?Sekedar random saja, iseng-iseng berhadiah, coba-coba, atau ada kenalan yang memberi?Atau ada sales mobil yang menawarkan BMW seri pihak terbaru?hehehe wah jadi tampil orang keren, tapi saya belum ada fulus untuk membelinya hehhehe.atau dapat nomor saya dari agen properti dimana kita pernah beli apartemen.Tapi sepertinya saya juga masih belum pernah beli apartemen.

Entah, saya tak tahu dapat nomor saya darimana.Anda juga mungkin membayangkan orang yang mengirimkannya.Ia mengatakan menderita cacat secara fisik.Mungkin di kepala Anda segera terbayangkan perempuan dewasa yang biasa Anda temukan di tepi jalan yang padat di depan perempatan lampu merah.Duduk di lantai aspal dengan alas kardus bekas yang di lipat terkadang juga tak beralaskan apa apa, Ada juga yang setia menanti di samping ATM, ada yang mengajak orang tua yang sudah tua, atau anak kecil, bayi sekalipun untuk menegadahkan tangan berbelas kasih.

Seperti Anda, pikiran saya pun mendua.Antara ingin menolong atau khawatir salah.Jangan-jangan ia adalah orang yang benar-benar harus ditolong.Sedangkan pikiran yang satunya lagi mengatakan, “Nanti dulu, jangan-jangan ia penipu, tak ada bedanya dengan orang yang berpura-pura sedang kecelakaan, kehabisan pulsa, atau minta tolong isikan pulsa karena posisi lagi gawat yaitu di kantor polisi dan mengaku sebagai orang tua(mungkin untuk point yang ini sahabat blogger sudah banyak yang share di post artikel)”

Namun seperti biasa, naluri keingintahuan mengusik, buat mengechek.Saya mengirim reply seperti berikut :
                      OK Sutini, maaf saya bisa kirim kemana ya?
Ia menjawab :Ya, saudara bisa kirim melalui Pos atau Bank.
Saya reply      :Coba kasih alamatnya?dab dialog lainnya
Ia menjawab  :Ini nomer rekeningnya saya xxxxxxxxxx, bank xxxxxxxxxx.Terimakasih saudara telah membantu.Oh ya jika sudah, bisa add fb saya ya.

Saya langsung kaget.”Kok orang ini tahu kata ‘add’ yang lazimnya di pake dalam fb
Saya tak tahu persis apakah Sutini adalah orang yang harus dibantu atau hanya sekedar penipu.Saya hanya menyebut mbak sutini sekedar manusia Indonesia biasa, bukan penipu, tak punya bekal pendidikan memadai dan benar-benar cacat.Tanpa dunia digital, kira-kira dimanakah dia berada?

Anda benar sahabat blogger jawabannya adalah mungkin saja mbak sutini ada di tepi lalu lintas, menungggu di tepi pintu ATM untuk menengadahkan tangan.Jika mereka lebih pandai dan teliti maka pemandangan ini akan beralih ke dunia online.Dan tentu mereka akan di manfaatkan oleh para kriminal.Foto-foto mereka di upload para penipu sehingga tampak riil.

Namun ada juga fenomena (offline)yang lain adalah banyak pengemis mengaku pengemis ternyata mereka malah punya rumah mewah di belakangnya, mereka biasanya mempunyai kelompok masing dan area, dan mereka juga ada yang melakukan penjadwalan, ada juga yang berpura-pura cacat.Ini berdasarkan data yang saya cari

Bisa jadi hal ini sudah menjadi gaya hidup baru di antara para pengemis dan penipu.Bagaimana pendapat sahabat blogger tentang hal ini?Terimakasih sudah membac post yang panjang ini ^_^


31 komentar:

Anisayu Nastutik mengatakan...

pengemis ko punya hp, rekening, dan fb wih pinter sekali ya cara ngemisnya hmmmm macam2 saja ya ....

Rama Saputra Zylgwyne mengatakan...

hhmmm,, kalo menurut pemikiran saya sih itu merupakan modus penipuan sob,, mana ada pengemis punya FB dan berselancar di dunia maya,, yg paling mereka utamakan pastinya buat makan sehari2 dulu,, dari pada bermain internet,, itu menurut saya,, hehehe

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ anisayu :Maka dari itu mbak, sebelumnya pengemis bilang hp dapat penjaman.Yah begitulah semua cara di halalkan .

@ Rama88 :Iya juga sob, sekarang lagi marak sekali sob.Malah ada pengemis yang bener2 pengemis di tampung, dimnafaatkan sama orang yang ga bertanggung jawab.Foto pengemis pada di upload di media online.Padahal yang menerimana uang ya preman lah katakan begitu.

Unknown mengatakan...

waw..antara miris, marah dan memuakkan campur jadi satu melihat kenyataan ini. Saya mungkin termasuk salah satu orang yg paranoid terhadap hal demikian. 100% sms diatas adalah penipuan berdasarkan asumsi sobat diatas yg gue setuju banget. Thanks sudah membuka hal ini. Apalagi sudah mendapatkan nomor rekening yg pastinya bisa ditelusuri sebagai sumber penipuan.

Selanjutnya kembali kepada ente Sob. Kalo saya yang mendapat sms demikian, mungkin berkas laporan polisinya udah gue pegang, dan sudah menjadi headline di media lokal. Sayang sobat masih menjaga privacy (thanks untuk kearifan hatinya yg gak bisa gue lakuin...hehe)pengirim sms dgn tidak menampilkan no rek banknya. kalo ditampilkan, pasti tulisan post akan saya report dan dishare ke ribuan facebooker dgn judul "MODUS BARU PENIPUAN SMS"....hehe. Nice post and happy blogging!

@Warkop Aremania mengatakan...

budaya mengemis memang gak bisa hilang, makin lama makin gaul pakai sms ketik reg, wkwkwk.... ntar lama2 buka website trs mengemis di internet, qiqiqiqi....

Error Shinobi mengatakan...

waaaaa.. ada kata baru lagi nih buat nipu ... ada-ada aja yaaCh ... !!
pengemis punya rekening .... mantaaav.. saya aja ga punya ... :D

al kahfi mengatakan...

keren juga tuh maaf pengemis, bahkan punya rekening di bank...betapa dunia sdh makin di lenakan dgn budaya malas, yg hanya memanfaatkan ke lengahan seseorg,,

Unknown mengatakan...

walah.. jangan didengar itu sob,, penipuan gaya lama yang diperbarui itu.hehehehe
thanks dah di ingatkan tentang info Pengemis Berselancar Online pantau terus sob .happy blogging

Unknown mengatakan...

mungkin itu hanya ke isengan belaka...
atau mungkin itu gaya hidup pengemis moderen? hahahahaha
:D

Unknown mengatakan...

ada yang iseng kali gan..wkwkwkw pengemisnya gauL. . .

Abu Hamizan mengatakan...

Kalau begitu mah bukan pengemis sobat...jalan sekarang apa pun dilakukan untuk mendapatkan uang sepertinya yah

Unknown mengatakan...

Pena hadir dan absen malam gan...Wah sekarang memang jamannya penipuan..mungkin salah satunya seperti ini juga

Unknown mengatakan...

saya pengen bisa berselancar gan tpi g ada laut sekitar rumah ane

Liandri eko mengatakan...

modus baru ne y sob, makin pinter saja orang mencari uang. Tapi sayangnya dengan cara yang gx bener.

Unknown mengatakan...

wah,,, ada2 saja ide para pengemis saat ini....

Frzhrdynt mengatakan...

waaaaseemmm pengemis modern pakai hape :D wkowkwo ngakak dulu ah :D keren juga ya :D

Frzhrdynt mengatakan...

sob ane punya postingan terbaru, siapa tau membantu sobat :)

Unknown mengatakan...

Saya hanya menyoroti "pikiran yang mendua",boleh kan sob? Klo kita benar-benar ikhlas untuk memberi sebaiknya kasih saja,toh semua amal kebaikan bila dibarengi dengan keikhlasan pasti ada balasannya.
Hehehe,ane ketawa dulu dan ikut mendua pula,bolh juga khan?
Gimana mau ikhlas yach sob,bila pengemis punya no rek sedang kita ga punya,ada-ada saja,hehehe.
Nice post,happy blogging ajah.

Unknown mengatakan...

penipuan penipuan tu banyak cara untuk mencari uang yg tidak sehat he3...

Unknown mengatakan...

Mengapa sekarang banayk yang seperti itu ya sahabat...fenomenanya sepertinya bertambah banyak dan juga beragam cara yang digunakannya

Abu Hamizan mengatakan...

Belum ada postingan barunya sob...menunggu.Punya saya juga belum kok hehehe

Rama Saputra Zylgwyne mengatakan...

selamat hari raya idul adha sob,, mohon maaf lahir bathin,, (maaf OOT)

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Iskandar Aruji :hehehe iya bener sob, modus baru.Semakin melenakan.Semakin keren pengemis(maaf) online.Terimakasih sob atas sharenya.Maaf terlambat membalas ^_^

@ Yudi Yunior Aremania :hehehe pemikiran jadi canggih ya gan.Cara cepat melatih iba seseorang.Maaf gan baru balas.Ada gangguan jaringan

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Error Shinobi :hehehe beneran master shinobi ga punya rekening?ga punya kalau rekeningnya jumlah sedikit alias banyak heheheh ^_^ maaf baru reply ,

@ al kahfi :Beber sob, semakin terlenakan.Yang muda muda jadi pada ikutan cara begini.Kalau sudah udzur ya gpp bisa di maklumi ^_^

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Wisata Murah :ok sob, hanya sharing di sini.Semoga bermanfaat infonya ^_^ silahkan berkunjung kembali

@ earth-inside :Pengemis modern ga mau ketinggalan zaman nih sob ^_^

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Tips Kesehatan :hehehe bukan iseng sob, tapi memnag di sengaja ^_^ Maaf sob baru reply ada gangguan ^_^

@ Ferry I :iya sob, banyak jalan yang di lakukan untuk menggapai uang.Apalagi di internet, yang penting pandai memanfaatkannya ^_^

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Tautan Pena :betul sekali sob, berhati-hati lah hehehhe ^_^

@ Edy sant :hehehe ga ada laut gan?kolam renang atau bak mandi juga boleh hi..hi..hi.^_^ Bercanda gan

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Asis Sugianto :Betul sekali sob, banyak jalan menuju roma ^_^

@ Farixsan Qulicuor (Faris Hariyanto177): Keren ya?Ane aja kalah wkkkk.Ok sob, siap meluncur ^-^

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Er'end :Betul sekali sih sob, cuma terkadang kasihan kalau lihat anak-anak muda yang begitu.Padahal potensi mereka jauh lebih unggul daripada mengemis jika mereka mau ke arah sana ^_^ Maaf sob, baru reply.Gangguan jaringan.lagi di desa ^_^

@ bopfive5 :1001 cara sob, internet juga gudangnya apa aja ^_^

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Abu Farras :Iya sob ,begitulah.kalau ane kasihan jika masih muda, padahal potensi unggul.Kan lebih baik baik berusaha dulu ^_^

@ Ferry I :hehehe iya sob, segera untuk update.Maaf sob jika terlambat ya.Ini jaringan caldown banget, lagi ada di desa.Di tunggu ya.

Bisnis Online Blog mengatakan...

@ Rama88 :Mohon maaf juga ya master.Maaf sob jika terlambat berkunjung.Jaringan lagi No akses kemarin.Ini memasuku proses lemot hik.hik ^_^

Posting Komentar


Smart Solution

HotLine

Sahabat Blogger Yang Baik Hati, Jika Ingin Copas Artikel dalam blog ini di mohon Untuk Mencantumkan Link Sumber.Terimakasih.( Ceo Bob)

Total Tayangan Halaman

Like This Yaa Sob