Tips memulai bisnis online



Ada banyak cara untuk memulai bisnis. Tidak hanya di dunia nyata, bisnis di dunia maya juga menjanjikan keuntungan besar, apalagi di era internet seperti sekarang, pelaku usaha semakin meminati bisnis online. Selain pasarnya yang lebih luas, proses transaksi bisnis online lebih praktis dan biaya operasionalnya jauh lebih murah.
Peluang bisnis online ini mendorong tumbuhnya mall online sebagai sarana jual beli produk di dunia maya. Untuk saat ini masyarakat Indonesia sendiri sudah cukup fasih bertransaksi secara online. Hanya saja belum ada tempat transaksi online yang layak. Oleh karena itu, para pelaku bisnis online lebih banyak memanfaatkan blog, social networking site, atau forum untuk berjualan.

Umumnya, para pengelola mall online mendapatkan keuntungannya dari iklan yang dipasang dalam situs. Namun, sebagian juga mendapatkan komisi dari setiap transaksi.
Keuntungan bisnis mall online juga bisa didapat dari biaya sewa lapak yang dibebankan kepada penjual. Plasa.com misalnya,yang menyediakan paket-paket sewa senilai 3-8 juta per tahun bagi setiap toko yang hendak menjual produknya. Tidak hanya dipromosikan online,selanjutnya para penjual juga bisa diikutsertakan dalam promosi offline yang digelar Plasa.com.

Tapi tidak sedikit pengelola mall online membebaskan biaya bagi penjual yang mendaftar. Selain iklan, keuntungan mereka berasal dari biaya yang dikeluarkan penjual yang ingin lapaknya menempati posisi tertentu dalam mall online.

Meski bisnis ini terllihat sederhana,membangun mall online sejatinya membutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai jutaan hingga miliaran rupiah. Dalam memulai bisnis online ini ada beberapa hal yang sangat dibutuhkan agar bisnis bisa berjalan lancer. Diantaranya adalah ketersediaan koneksi internet, perangkat komputer, tenaga programmer, web desainer dan tenaga pemasar.

Dalam bisnis online ketersediaan modal hanyalah bagian dari salah satu unsure pendukung. Namun pada akhirnya, keberhasilan bisnis online ini diukur dari jumlah penjual yang bergabung dan menjual barangnya di mall online, dan banyaknya kunjungan serta transaksi yang dibukukan setiap hari. Semakin banyak pengunjung dan penjual, semakin membuktikan bahwa mall itu memang laku  dan menjadi referensi bagi bisnis online.

Salah satu pemicu kunjungan pengunjung adalah banyaknya produk yang dijual. Pada umumnya mall online menjajakan ratusan bahkan ribuan produk. Sebagai contoh hari ini, produk yang banyak dicari konsumen adalah buku, tiket, gadget, kerajinan tangan, dan fashion.

0 komentar:

Posting Komentar


Smart Solution

HotLine

Sahabat Blogger Yang Baik Hati, Jika Ingin Copas Artikel dalam blog ini di mohon Untuk Mencantumkan Link Sumber.Terimakasih.( Ceo Bob)

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like This Yaa Sob